Sabtu, 16 September 2017

Petani Bantul Gratiskan Cabai Rawitnya

Petani Bantul Gratiskan Cabai Rawitnya


Jelas Viral - Anjloknya harga cabai rawit di bantul membuat seorang petani mengratiskan cabai yang di tanam di sawah miliknya.

Petani Bantul Gratiskan Cabai Rawitnya

Berita Viral - Seorang petani asal Dusun Kalipakem, Desa Seloharjo, Kecamatan Pundong, Bantul, Widodo (25), menggratiskan cabai rawit yang ditanam di sawah miliknya. Selain ingin bersedekah, ternyata juga dilatarbelakangi anjloknya harga cabai rawit di tingkat petani.

"Karena dijual pun rugi. Daripada dijual mending disedekahkan," kata Widodo di sawah miliknya di Desa Seloharjo, Pundong.


Dia mengatakan saat ini harga cabai rawit di tingkat petani sekarang anjlok. Bahkan menurut Widodo, tiap 1 kilogram cabai rawit hanya dihargai Rp 4 ribu sampai Rp 5 ribu. Dengan harga sebesar itu dipastikan para petani merugi.

"Biaya (tenaga) petik satu orang itu Rp 50 ribu, padahal dalam sehari tukang petik (cabai rawit) maksimal dapat 12 kilogram. Kalau 12 kilogram cabai rawit dikalikan Rp 4 ribu, cuma dapat Rp 48 ribu, buat bayar tenaga petik saja tidak cukup. Belum biaya perawatan seperti pupuk," katanya.

Oleh karenanya Widodo berharap pemerintah turun tangan agar para petani cabai rawit tidak dirugikan. Apalagi fenomena anjloknya hasil pertanian kerap terjadi, terutama saat memasuki musim panen seperti sekarang ini.

Petani Bantul Gratiskan Cabai Rawitnya

"Yang jelas kita butuh perhatian, padahal harga pupuk mahal. Masak iya kejadian yang sama terus berulang, apa saja (pas panen raya) harganya anjlok, padahal biaya tanam itu mahal," jabarnya.

Seorang warga yang sedang memetik cabai rawit, Joko Sularno (54), awalnya mengaku senang ditawari cabai rawit gratis. Tetapi setelah mengobrol langsung dengan petani, dia prihatin dengan anjloknya harga cabai rawit di pasaran.

"Sebenarnya kan otomatis kami sebagai peminat sambal, dengan harga lombok (cabai) murah seneng. Tetap setelah saya ngobrol (dengan Widodo), justru dengan harga cabai rawit murah para petani yang dirugikan," papar warga Kota Yogyakarta ini.

Oleh sebab itu sebagai konsumen dia berharap pemerintah berlaku adil dan mau berupaya mengendalikan harga. Sehingga petani selaku produsen dan warga sebagai konsumen tidak dirugikan.

"Baru kemarin ini harga lombok (cabai) melejit, sekarang jatuh, ini perlu perhatian," pungkasnya.


Sumber: https://news.detik.com/berita-jawa-tengah/d-3646520/ini-alasan-petani-di-bantul-gratiskan-cabai-rawitnya?_ga=2.27392380.179108363.1505546116-31505432.1505106518

Bagikan

Jangan lewatkan

Petani Bantul Gratiskan Cabai Rawitnya
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.